04 Februari 2010

i do ♥ airbaloon!


sejarahi wanna share with you about thing that i want so damn

"air baloon"

kita mulai dari sejarahnya ya ceritanya ! Pada tahun 1709 di Lisbon, Bartolomeu de Gusmão berhasil membuat balon yang dapat bergerak naik di dalam suatu ruangan setelah udara di dalam balon dipanaskan. Dia juga membuat balon Passarola yang berhasil terbang dari Benteng Saint George sejauh sekitar satu kilometer. Kemudian tahun 1766, Joseph Black berkeyakinan bahwa balon yang diisi dengan hidrogen akan mampu naik di udara.
Pada 21 Nopember 1783, penerbangan perdana balon Montgolfier yang diawaki oleh Jean-François Pilâtre de Rozier, François Laurent dan Marquis d'Arlandes berkebangsaan Perancis berhasil terbang di atas Paris. Mereka membakar wol dan jerami agar balon tetap mengangkasa. Dan balon tersebut dapat terbang sejauh 5,5 mil (± 9 kilometer) dalam waktu 23 menit.
Tahun 1911–1912, V.F. Hess ahli fisika Austria, memberanikan diri membuat balon yang mampu terbang pada ketinggian 5 kilometer ( ± 3 mil). Pada 27 Mei 1931, Auguste Piccard dan Paul Kipfer membuat balon dengan desain sendiri yang diberi tekanan pada kabin agar dapat terbang. Jean-Felix Piccard, saudara yang kembar Auguste mencoba balon plastik dari rangkaian Polyethylene Skyhook yang digunakan Angkatan Udara AS untuk mengumpulkan data di atas lapisan atmospir.
Pada 5 April 1961, Malcom Ross dan Victor Prather berhasil menerbangkan balon udara sampai Ketinggian 34.668 meter yang lepas landas dari geladak Kapal Induk USS Antietam di Teluk Meksiko, Ini merupakan rekor tertinggi untuk ketinggian terbang balon udara berawak.
Pada Oktober 1972, telah diluncurkan Balon Winzen yaitu Balon Udara berbentuk kubus tanpa awak dengan volume 1,25 juta M3 di Chico, California, AS., dan berhasil terbang sampai ketinggian 51,8 kilometer yang merupakan rekor terbang tertinggi yang dicapai balon udara. 

Bagian-bagian Balon Udara
  1. Kantung Udara Kantung Balon Udara berisi udara/gas ringan (seperti Gas Hidrogen) yang berfungsi mengangkat Balon Udara dari landasannya
  2. Kabin Penumpang (Basket) Kabin penumpang yang terletak di bawah kantung udara merupakan tempat awak mengendalikan balon udara atau penumpang yang menikmati penerbangan balon udara
  3. Pengatur tekanan udara Pengatur tekanan udara merupakan bagian balon udara yang mengatur tekanan dalam kantung udara agar balon dapat terbang dengan ketinggian yang diharapkan. 
 Manfaat Balon Udara
1. Keperluan Militer
Espionage balloon (Balon spionase) adalah suatu pengembangan dari balon udara yang digunakan militer pada Perang Dunia I untuk tugas pengintaian.
2. Keperluan Ilmu Pengetahuan
a. Cuaca
Balon cuaca (Weather Balloon) merupakan pengembangan balon udara yang bertujuan mendapatkan informasi tentang: temperatur, kelembaban relatif, tekanan, kecepatan angin dan arah angin. Untuk mengukur temperatur, kelembaban relatif digunakan alat radiosonde, disamping itu alat ini juga dapat digunakan untuk menentukan konsentrasi ozon.
 Balon cuaca (Weather Balloon) di Nvanut, CanadaBalon cuaca (Weather Balloon)
3. Keperluan Ilmu Pengetahuan
b. Penelitian (Riset)
Research balloon (Balon riset) merupakan pengembangan balon udara untuk membantu penelitian dan penggunaannya tidaklah hanya digunakan dipermukaan bumi, tetapi juga sampai riset di atas lapisan atmospir dan planet lain (mis Venus).
Research balloon (balon riset)  yang digunakan untuk meneliti planet venusResearch Balloon) balon riset
4. Keperluan Wisata
Festival balon di Warstein, Jerman 
Festifal balon di Canberra, Australia, 2004

0 komentar:

 
© 2010 You're in my fairy tale . all rights reversed . this blog liscensed under my name . no part of this blog may be reproduced in any form or by any means without the writter permission - TERMS POLICY